Senin, 10 Maret 2014



search engine


Search engine merupakan suatu portal website yang menyediakan informasi pencarian data-data yang dibutuhkan pengunjung internet.


Berbagai macam search engine telah disediakan di internet.
Pada postingan kali ini saya akan memberi tahu macam-macam search engine kepada kalian.





Sebelum itu, saya akan memberitahu apa sih manfaat search engine. Manfaatnya ialah:


  • Sebagian besar pengguna search engine tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari. 

  • Sebagian besar (hampir 70%) pengguna search engine tidak pernah klik pada hasil pencarian sponsor. Dengan demikian, hasil pencarian yang organik (secara alami) akan membuat suatu website memperoleh posisi strategis dalam dunia internet. 

  • Di negara-negara maju, porsi penjualan yang dilakukan melalui internet sudah hampir mencapai 20% dari keseluruhan transaksi tahunan. 

  • Sebuah informasi yang mudah di akses oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri. 

  • Memudahkan Masyarakat dalam mencari informasi di internet.



1. Google ( http://www.google.com )



Google merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak.


Google.com




2. Yahoo ( http://www.yahoo.com )


 


Yahoo ialah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search)Yahoo! DirectoryYahoo! MailYahoo! NewsYahoo! FinanceYahoo! GroupsYahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat.


Yahoo.com




3. Bing ( http://www.bing.com )



Bing merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.


Bing.com


4. Altavista ( http://www.altavista.com )



Altavista merupakan search engine yang cukup terkenal dimata dunia. Di altavista, kita bisa mencari berbagai informasi berupa web, gambar, video, berbelanja online, aplikasi, dan berita.


Altavista.com


5. Ixquick (http://www.ixquick.com )

Ixquick merupakan mesin pencari yang melakukan pencarian di banyak situs mesin pencari sekaligus. Menarik, bukan? Anda bisa menentukan mesin pencari-mesin pencari mana saja yang perlu ditelusuri oleh IxQuick


Ixquick.com


6. Ebay ( http://www.ebay.com )



Ebay merupakan sebuah situs web lelang yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia untuk dapat membeli dan menjual berbagai barang dan jasa.


ebay.com


7. Excite ( http://www.excite.com )



Excite merupakan search engine yang serupa dengan yahoo.


 


excite.com




8. Gigablast ( http://www.gigablast.com )

Gigablast adalah mesin pencari di Internet, didirikan pada 2000 oleh Matt Wells. Gigablast merupakan proyek terakhir dari Matt Wells, setelah membuat situs web Infoseek selama tiga tahun, Gigablast didirikan dengan tujuan untuk melakukan pencarian halaman web dengan kemampuan maksimal mesin pencari lain pada zamannya, namun menggunakan alat seminimum mungkin. Pada bulan Januari 2005, mesin indeks dari Gigablast hampir memiliki satu miliar halaman web yang telah terindeks, dengan hanya menggunakan biaya 8000 Dolar Amerika Serikat (kontra 8000000000 puluhan halaman dan bernilai jutaan peralatan untuk Google).


Gigablast.com




9. Aol ( http://www.aol.com )

Dulunya adalah perusahaan America Online, Inc., dan merupakan penyelenggara jasa Internet global yang berpusat di New York dan sebelum berstatus publik sejak tanggal 9 Desember 2009, AOL dioperasikan oleh perusahaan Time Warner. Pada saat ini AOL melayani banyak perusahaan dalam hal layanan Internet di berbagai negara di dunia, sehingga menjadikan AOL sebagai ISP bersifat Internasional dengan jumlah pelanggan mencapai 30 juta pengguna.


Aol.com


 


10. Ask ( http://www.ask.com )

Ask merupakan search engine yang fungsinya untuk mencari informasi berupa gambar, document, video, refrensi, dan berita.


Ask.com




11. Iwon ( http://www.iwon.com )

Iwon merupakan search engine yang bekerja sama dengan Ask.com sekaligus merupakan website untuk menghasilkan uang dengan bermain game online. Anda bisa memenangkan hadiah hingga 500 hadiah tunai $.


Iwon.com




12. Joeant ( http://www.joeant.com )

Joeant menawarkan direktori edited manusia “untuk menyediakan direktori situs berkualitas bagi pengguna Internet”. Dibuat oleh sekelompok selusin mantan Go.com (Disney) relawan Go Guides, JoeAnt lahir dari keinginan untuk menyediakan hasil yang relevan dalam berbagai macam topik, dan berusaha untuk bekerja dengan membentuk komunitas editor di mana orang tertarik dapat ikut Diluncurkan pada 24 Mei 2001, JoeAnt telah tumbuh menjadi sebuah direktori besar dengan daftar editor besar.


joeant.com




13. Lycos ( http://www.lycos.com )

Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini.


Lycos.com




14. Mamma ( http://www.mamma.com )

Mamma merupakan contoh metasearch engine. Pencarian dengan metasearch engine akan membawa kita pada hasil pencarian yang didapat oleh berbagai mesin pencari.


 


 


 


 


 


 


  • Yandex


Jika Baidu populer di Cina, maka di Rusia ada situs pencariam  populer yang bernama Yandex.  Situs pencari ini tidak hanya hadir dalam bahasa Rusia tetapi juga hadir dalam versi bahasa Inggris, Ukraina dan Turki. Situs pencari ini bisa dijadikan andalan. Apalagi situs ini tidak memuat sensor karena DMCA (Digital Millennium Copyright Act) yang biasa terjadi pada Google. Berbeda dengan macam-macam search engine lainnya, situs pencari ini menghadirkan fitur menarik yang disebut “Island”.  Fitur ini akan memudahkan penggunanya dalam menuju hal yang diinginkan tanpa harus masuk situs pihak ketiga.



  • Naver


Situs pencari ini sudah lama ada di dunia internet yaitu sejak 1999. Situs pencari dari Korea Selatan ini menghadirkan fitur daftar tautan yang panjang jika pengguna internet memasukan kata kunci yang ditulisnya. Link atau tautannya sendiri tersegmentasi berdasarkan jenisnya. Misalnya kategori blog, kategori jejaring sosial, kategori aplikasi, kategori bukum dan sebagainya. Untuk informasi Naver merupakan situs pencari yang didirikan mantan karyawan Samsung dan  merupakan pengembang dari aplikasi chat Line.


  • Pipl


Macam-macam search engine selanjutnya adalah Pipl . Pipl merupakan mesin pencari yang memiliki kemampuan khusus  dalam hal mencari informasi secara detail. Mesin pencari ini mampu menelusuri berbagai hal mulai dari nama, e-mail, bahkan nomor telepon. Situs yang satu ini cocok digunakan untuk para polisi atau penegak hukum lainnya karena mampu menghadirkan catatan kriminal seseorang. Selain itu situs pencari ini cocok digunakan untuk keperluan database atau bagi mereka yang rajin stalker.



  • Blippex


Situs pencari ini memiliki sistem yang berbeda dengan mesin pencari lainnya. Situs ini tidak didasarkan atas sebuah kata atau tautan melainkan melalui sebuah peringkat yang disebut DwellRank. Sistem DwellRank ini menganalisis apakah situs tertentu dibuka lebih lama dibandingkan lainnya?. DwellRank ini akan menilai pentingnya sebuah situs jika pengguna internet lebih banyak menghabiskan waktu di sebuah situs. Tentang data statistik lamanya seorang pengguna internet lamanya membuka sebuah situs tertentu didapatkan dari para pengguna yang secara sukarela memasam ekstensi untuk kepentingan program ini.


  • Blekko


Macam-macam search engine yang ada sebenarnya tidak terlalu berbeda. Satu dan lainnya hampir mempunyai kemampuan serupa hanya beda penamaan fitur.  Blekko pun demikian. Situs yang satu ini tidak berbeda jauh dengan Naver yaitu  mesin pencari berdasarkan kategori. Hanya saja situs yang satu menyebut kategori sebagai slastags yang nantinya akan memfilter pencarian. Hasil pencariannnya sendiri tidak dikelompokan berdasarkan jenis situs tetapi berdarakan hal-hal yang berhubungan dengan kata kunci. Misalnya mengetik “sepatu sports / mall / shop”, maka situs ini akan menampilkan berbagai tempat yang menjual sepatu. Namun jika ingin mendapatkan hasil berupa artikel, penggguna dapat mengganti “mall” atau “shop” dengan kata “blog”.



  • Wolfram Alpha


Macam-macam search engine yang ada banyak yang mengklaim bahwa mereka memiliki kemampuan penelusuran yang baik. Tetapi berbeda dengan Wolfram Alpha yang malah mengklaim dirinya bukan sebagai mesin pencari. Wolfram Alpha memang bukan sekadar mesin pencari melainkan mesin komputasi pengetahuan. Situs ini tidak akan menampilkan informasi berupa alamat situs melainkan fakata dan angka dari sumber utamanya. Secara sederhananya, situs ini akan menampilkan grafik, tabel dan ilustrasi lainnya.


Macam-macam search engine tadi hadir dengan berbagai kelebihannya. Pengguna dapat memilih situs pencari apapun sesuai kebutuhan. Dengan adanya situs mesin pencari lain, tentu pengguna internet tidak akan terlalu bergantung pada Google, Yahoo!, Baidu, atau DuckDuckGo sekalipun. Jadi Google bukanlah teman satu-satunya untuk Anda para pemakai internet. [HMN]


1.      Google (www.google.com)


Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.


2.      Yahoo (www.yahoo.com)


Yahoo! Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.


Yahoo dirintis oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan diresmikan sebagai badan hukum pada tanggal 1 Maret 1995. Pada tanggal 13 Januari 2009, Yahoo mengangkat Carol Bartz, mantan kepala eksekutif Autodesk, sebagai kepala eksekutif dan anggota dewan direksi Yahoo yang baru.


3.      Wikipedia (www.wikipedia.com)


Wikipedia adalah menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia, Wikipedia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanak, majalah spesialis, dan topik-topik berita yang masih hangat.


Wikipedia berawal sebagai projek sampingan Nupedia, ensiklopedia bebas daring yang artikelnya ditulis oleh para ahli. Larry Sanger, yang mendirikan Nupedia bersama Jimmy Wales, melontarkan ide mengenai ensiklopedia berbasis wiki pada 10 Januari 2001 di milis Nupedia [8]. Kemudian pada 15 Januari 2001, Wikipedia secara resmi diluncurkan.


 


4.      Alta Vista (http://www.altavista.com/)



            Alta Vista merupakan salah satu search engines yang sangat cepat dan memiliki cakupan luas serta mampu melakukan pencarian dokumen full-text di WEB dan artikel-artikel Usenet. Pencarian artikel atau dokumen dapat dilakukan dengan kata kunci, frase kunci atau berupa pertanyaan dibantu dengan operator “boolean” (AND,OR, AND NOT, NEAR).
           Kelebihan lain dari altavista yang tidak dimiliki oleh search engine lain, adalah adanya fasilitas “spelling checker” yang secara otomatis dapat menginformasikan keyword pencarian yang salah dan membetulkannya tanpa melakukan pencarian ulang. Fasilitas “translate” dari beberapa bahasa ke bahasa yang lain, baik dokumen dari hasil penelusuran maupun dokumen pribadi,menjadikan altavista search engine yang inovatif, dan favorit.


5.      Excite (http://www.excite.com/)


Keistimewaan Excite adalah pilihan menu yang ditawarkan cukup lengkap dengan sistem indeks yang cukup baik. Excite merupakan search engine yang cukup baik untuk mengetahui berita-berita terbaru dari beberapa sumber seperti Reuters dengan menu barunya yang disebut “Today on Excite” walaupun tidak tergolong excellent. Search engine ini baik bagi pemula karena fasilitas pencariannya yang mudah dan sederhana. Selain itu, excite juga dilengkapi dengan fasilitas “chatting”, “business news”, “sport news” dan lain-lain.


 


6.      Hotbot (http://www.hotbot.com/)


Dikenal sebagai salah satu sarana pencarian paling cepat dengan dukungan data puluhan juta websites yang dapat diakses melalui kata kunci atau frase kunci dengan operator boolean untuk mendapatkan data yang spesifik.


Di “advanced search”, HotBot menyediakan fasilitas pencarian dokumen yang lebih spesifik lagi dengan batasan waktu, lokasi, domain, bahasa, “word filter”, dan media ( gambar, teks, suara dll.) dengan klik saja atau menuliskannya pada “search boxes”. Keistimewaan yang lain, hotbot merupakan search engine yang dikategorikan “excellent” untuk berita-berita terbaru dengan menu “news headline”nya. Menu yang lain yang terdapat di hotbot adalah “discussion group”, white pages, yellow pages, dan lain-lain.


7.      Magellan http://magellan.excite.com/


Selain menyediakan sarana pencarian melalui WEB,Magellan juga mempunyai aturan untuk tidak memuat semua data yang bersifat “Adult content”. Semua hasil pencarian dapat di browse menurut topik dan sub-topik dan bila menghendaki review untuk site-site yang dicari dapat dipilih menu “green light site” yang juga dengan memberikan ranking data


 


8.      Northern Light http://www.northernlight.com/


Northern Light merupakan salah satu search engines yang mampu menjelajah dunia WEB dengan detil dengan jumlah 150 juta websites. Keistimewaan lain adalah adanya alternatif informasi melalui “special collection” yang menyediakan 8 juta artikel dari 5.400 journal, buku, majalah dan database yang dapat diperoleh dengan harga rata $1 - $4 / artikel. Karena itu site ini sangat membantu untuk pencarian informasi khususnya bagi kalangan akademis dengan harga yang relatif murah.


9.      Infoseek http://www.infoseek.com


Infoseek dikategorikan sebagai salah satu search engine yang dikategorikan baik untuk mengetahui berita - berita terbaru dari “Businesswire”, Reuters, CNN, USA Today dan The New York Times. Selain itu, infoseek juga memiliki kelebihan direktori yang disusun dengan sistem index yang baik dengan topik-topik yang cukup besar, dibandingkan dengan Yahoo dan HotBot. Infoseek juga memberikan ranking data hasil pencarian sesuai dengan tingkat kebenarannya.


10.  Lycos http://www.lycos.com


Lycos merupakan “general search engine” yang bagus dengan fasilitas pencarian yang mudah dan sederhana serta dilengkapi pula dengan direktori. Kelebihan dari search engine ini adalah adanya fasilitas “search guard” yang dapat memproteksi data-data pornografi sehingga search engine ini aman bagi anak-anak.


 


 


 


 


 


1.    Google


Merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat yang fokus pada jasa dan produk Internet. Search engine ini didirikan oleh Larry Page alumnus Universitas Michigan dan Sergey Brin. Google berasal dari kata Gogol yang mempunyai arti kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang sangat besar jumlahnya melebihi bilangan miliar atau triliun.


Google adalah search engine yang paling populer dan banyak digunakan di dunia maya untuk mencari informasi yang diinginkan, dapat berupa pencarian alamat website, gambar, file, atau mengetahui situs – situs dan topik – topik yang paling populer yang dikunjungi orang melalui google trends.


Dengan adanya Google maka semua masalah yang membutuhkan waktu yang cepat ketika harus mencari file atau data di internet dapat diselesaikan dalam hanya hitungan detik saja. Hanya dengan mengetikan kata kunci yang akan kita cari, maka secara otomatis google akan memberikan jawaban yang diberikan melebihi dari yang kita inginkan.


 



Kelebihan dari Google :


  • Memiliki tampilan yang sangat sederhana, tidak ada iklan dan news sehingga tidak membingungkan user.

  • Sumber informasi yang dapat mencari seluruh informasi tentang segala bidang secara lengkap dalam kotak mesin pencari pada google.

  • Sebagai alat komunikasi dengan cara membuat suatu e-mail pada gmail dalam google.

  • Google melakukan pengindexan suatu halaman website secara berkala. Sehingga pada saat kita melakukan update web, google akan berkunjung melakukan indexing.


       Kekurangan dari Google :


  • Terkadang menampilkan hasil pencarian informasi yang diinginkan user tidak relevan.

  • Mudah disadap oleh hacker sebagai contohnya e-mail kita yang berada di gmail.

  • Google tidak bisa mengindeks halaman tertentu.


2.    Yahoo!


Merupakan perusahaan multinasional yang berpusat di Sunnyvale,California, Amerika Serikat. Yahoo!Inc. didirkan oleh Jery Yang dan David Filo. Yahoo merupakan singkatan dari “yet another hierarchical officious oracle”.


Yahoo Search engine menyediakan fasilitas email gratis, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian berbagai macam katagori seperti contohnya website, gambar, berita, video, dan audio. Search engine ini selalu menampilkan kata – kata yang mirip dengan kata – kata kunci yang sedang dicari.



Kelebihan dari Yahoo :


  • Terdapat fitur e-mail yang banyak disukai oleh pengguna

  • Memiliki fitur yang lengkap

  • Lebih mudah diakses disbanding search engine yang lainnya

  • Kecepatan dan kemudahan dalam mencari informasi


       Kekurangan dari Yahoo :


  • Loadingnya membutuhkan waktu yang lama

  • Software pendukungnya masih kurang


3.    Bing


Search Engine ini merupakan produk dari Microsoft melalui CEO Microsoft “Steve Ballmer”.Bing adalah bentuk reinkarnasi yang dilakukan oleh Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu diantaranya Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.


Bing memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang kuat karena menggunakan teknologi PowerSet. Selain itu dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook dan e-mail.


 


       Kelebihan dari Bing :


  • Memiliki fasilitas instant answer yaitu system mampu memberikan jawaban.

  • Dalam pencarian image atau video Bing mampu menampilkan daftar hasil yang spesifik dan detail.

  • Pengguna tidak perlu mengklik link lagi, akan tetapi hanya mengarahkan kursor pada link tersebut sehingga pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut.


       Kekurangan dari Bing :


  • Bing kurang cepat dalam melakukan pencarian

  • Fitur yang dimiliki tidak lengkap

  • Tidak mampu melakukan perhitungan


4.    Altavista


 


Altvasita adalah mesin pencari web yang dimiliki oleh Yahoo yang terbentuk atas ide dariLouis Monier dan Michael Burrows di Digital Equipment Corporation ‘s Western Research Laboratory. Pada search engine ini pengguna dapat mencari berbagai macam informasi berupa web, gambar, video, berbelanja online, aplikasi dan berita. Altavista juga menyediakan layanan terjemahan bebas, bermerekBabel Fish, yang secara otomatis menterjemahkan tek antara beberapa bahasa.



Kelebihan dari Altavista :


  • Dalam melakukan pencarian halaman web, video, gambar , MP3, dan file audio lainnya memberikan informasi yang detail.

  • Kemampuan pencarian dokumen dalam format PDF dalam web

  • Altavista mampu mencari berita yang teraktual.


Kekurangan dari Altavista :


  • Dalam pencarian berita yang kurang bagus, sering menampilkan hasil yang tidak ada kaitannya denga tema yang dicari

  • Hanya memiliki sedikit aksesoris seperti Local, Apps image, video dll


5.    Ixquick


Adalah mesin metasearch yang berbasis di New York City dan Belanda. Ixquick didirikan oleh David Bodnick. Mesin pencari ini untuk menawarkan layanan proxy gratis dan secara default enkripsi SSL.


Ixquick merupakan mesin pencari yang melakukan pencarian di banyak situs mesin pencari sekaligus. Pengguna dapat menentukan mesin pencari-mesin pencari mana saja yang perlu ditelusuri oleh IxQuick, atau menentukan seluruh mesin pencari yang tersedia. Semakin banyak mesin pencari yang ditandai, tentu saja akan semakin lama proses pencarian yang dilakukan.



Kelebihan dari Ixquick :


  • Menawarkan fasilitas pencarian web, “international phone directory”, video, dan gambar

  • Privasi pengguna sangat diutamakan

  • Pengguna dapat mengganti tema sendiri


Kekurangan dari Ixquick :


  • Masih memiliki kecepatan yang standar


6.Gigablast


Adalah mesin pencari yang sering mendapat julukan sebagai The Green Engine ini dibuat oleh Matt Wells. Gigablast didirikan dengan tujuan untuk melakukan pencarian halaman web dengan kemampuan maksimal mesin pencari lain pada zamannya, akan tetapi menggunakan alat seminimum mungkin.


 



Kelebihan dari Gigablast :


  • Terdapat tanggal pelapor (termasuk tanggal diindeks dan tanggal terakhir diubah)

  • Cached halaman dan link ke Wayback Machine

  • Termasuk PDF dan jenis file lain dan HTML versi cache dari jenis file lainnya


       Kekurangan dari Gigablast :


  • Kecil operasi dengan database lebih kecil sedikit daripada yang lain yang tidak selalu refresh sesering

  • Lacks pemotongan, kedekatan, dan fitur pencarian lanjutan


7.    Aol


 


Adalah perusahaan Amerika Online,Inc dan merupakan penyelenggara jasa Internet global yang berpusat di New York. AOL didirikan dengan nama Control Video Corporation (CVC). Saat ini AOL melayani banyak perusahaan dalam hal layanan Internet di berbagai negara di dunia, sehingga menjadikan AOL sebagai ISP bersifat Internasional.



Kelebihan dari Aol :


  • Memiliki kecepatan dalam mendownload

  • Dapat membuat surat elektronik


       Kekurangan dari Aol :


  • Mempunyai fitur yang terbatas

  • Mesin pencarian dalam Aol kurang akurat


8.    ASK


Ask ini didirikan oleh Garret Gruener dan David Warthen yang pada awalnya bernama Ask Jeeves. Mesin pencari ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaannya.


Selain itu search engine ini  berfungsi untuk mencari informasi berupa gambar, document, video, refrensi, dan berita. Situs ini bisa menjadi alternative sebab masih bisa menemukan situs yang terkubur akibat spam di jejaring mesin pencari lainnya.



Kelebihan dari Ask :


  • Kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci.

  • Akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan si pengguna


9.    LYCOS


Merupakan mesin pencari yang diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren di Amerika Serikat. Lycos adalah potongan dari nama “Lycosidae”, yaitu nama keluarga laba-laba yang dapat bergerak sangat cepat.


Lycos menggunakan teknologi “spider” untuk menjelajahi website (jaring – jaring situs). Spider di sini adalah terminologi internet untuk suatu robot program, yang dapat melakukan penyusunan index banyak tempat dengan menjelajahi dan merekamnya satu persatu. Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas.


 



 


Kelebihan dari Lycos :


  • Mampu mencari data dengan cepat

  • Menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja.

  • Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.


     Kekurangan dari Lycos :


  • Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena  berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.

  • Dalam pencarian informasi sering tidak spesifik.


10.    Alltheweb


 


                    Adalah mesin pencari internet yang berasal dari FTP, doctor tesis Tor Egge di Universitas Norwegia. Ini merupakan salah satu search engine yang tergabung dalam jaringan Yahoo. Alltheweb menyediakan fasilitas pencarian yang meliputi news, picture, video/audio.



       Kelebihan dari Alltheweb :


  • Menyediakan fungsi untuk pencarian berita, music, gambar, dan video.

  • Memberikan kemudahan bagi pengguna yaitu dengan adanya menu bantuan yang didakamnya terdapat sejumlah pilihan yang banyak.


Kekurangan dari Alltheweb :


  • Pencarian yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya

  • Halaman pencarian hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna


11.  MSN


 


Mesin pencari ini diciptakan oleh Microsoft yang terdiri dari mesin, indeks, dan web crawler. MSN merupakan layanan yang hasilnya dikelola oleh Looksmart. MSN menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun direktori  Search engine ini menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.



Kelebihan dari MSN :


  • Mampu mencari video, music, gambar, dan berbagai macam format file special.


      Kekurangan dari MSN :


  • Membutuhkan waktu yang lama ketika melakukan pencarian

  • Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya.


  12.  ZUULA


Hasil pencarian dari mesin pencari ini adalah kumpulan dari banyak mesin pencari, selain itu pengguna bisa menspesifikasi search engine apa yang ingin pengguna dapatkan hasil pencariannya. Situs ini menawarkan informasi dari mesin-mesin pencari lainnya seperti google, Yahoo, MSN, Gigablast, Flickr, Alexa, Accoona, Pixsy dan Mojeek.



Kelebihan dari Zuula :


  • Memberikan pengguna kemudahan cepat dalam pencarian

  • Pada meta search engine zuula akan menampilkan pencarian terpisah dalam kategori yang berbeda, yaitu web, images, video, news, blog, jobs.


Kekurangan dari Zuula :


  • Zuula tidak mempunyai index database sendiri



Tidak ada komentar:

Posting Komentar